IBM Z and Cloud Modernization Stack Introduction – Making Developers Lives Better

IBM Z and Cloud Modernization Stack Introduction – Making Developers Lives Better

IBM Z dan Cloud Modernization Stack

Kemarin, IBM mengumumkan ketersediaan umum IBM Z dan Cloud Modernization Stack. Ini adalah kumpulan perangkat lunak luar biasa yang benar-benar mengintegrasikan Z dan Cloud, memungkinkan ISV, mitra bisnis, dan pelanggan kami untuk mempercepat modernisasi aplikasi mereka. Dokumentasi kami sedang hangat untuk mereka yang ingin membaca lebih lanjut.

Apa itu IBM Z dan Cloud Modernization Stack?

IBM Z dan Cloud Modernization Stack adalah kumpulan perangkat lunak berhak, dikemas sebagai Operator Kubernetes, tersedia melalui Red Hat OpenShift. Bagi sebagian dari Anda, kalimat terakhir itu mungkin sedikit tidak bisa dipahami. Kubernet? Operator? Buka Shift? Dalam bahasa Inggris yang sederhana, platform Red Hat OpenShift memungkinkan administrator sistem, pemrogram sistem, dan pengembang untuk mengelola semua aspek aplikasi mereka, mulai dari infrastruktur hingga kode sumber. Platform Red Hat OpenShift memberikan pengalaman yang konsisten di berbagai perangkat lunak di LinuxOne dan Linux untuk x86, lokal, dan di cloud.

Red Hat OpenShift menghadirkan perangkat lunak melalui operator. IBM Z dan Cloud Modernization Stack menyediakan seperangkat operator untuk membangun tumpukan perangkat lunak aplikasi z/OS dasar di Red Hat OpenShift. Operator yang datang dengan IBM Z dan Cloud Modernization Stack harus familiar: z/OS Connect, Wazi Sandbox, dan Wazi Developer for Workspaces. Z dan Cloud Modernization Stack mendefinisikan operator tambahan yang dikelola oleh z/OS Cloud Broker untuk produk Perangkat Lunak z/OS C/C++, Python, Go, Node.js, Java, dan Z Open Automation Utilities. Kami menyebut operator terkelola ini Suboperator.

Operator Platform Kontainer OpenShift Red Hat tersedia langsung di OpenShift untuk Anda gunakan. Anda membuat instance kotak pasir Wazi bagi pengembang untuk melakukan pengembangan dan pengujian pada lingkungan emulasi z/OS yang sepenuhnya terisolasi. Anda kemudian dapat mengembangkan Open3 API menggunakan z/OS Connect yang menargetkan kotak pasir Wazi atau sistem pengembangan z/OS tradisional. Anda dapat mengedit, men-debug, dan menganalisis kode z/OS asli Anda menggunakan instans Wazi Developer for Workspaces.

Dalam OpenShift, Anda memiliki pengalaman pengguna yang konsisten dengan operator lain (mungkin non-z/OS) yang Anda gunakan. Mengikuti pola preskriptif dan default yang dipikirkan dengan matang, membuat otomatisasi lebih mudah bagi semua orang: pemrogram sistem, administrator sistem, dan pengembang

Mengapa saya menginginkan IBM Z dan Cloud Modernization Stack?

Saya telah bekerja dengan perangkat lunak pada z/OS selama lebih dari 30 tahun dan saya telah melihat banyak hal berubah, dengan beberapa dasar tetap sama. Menyediakan perangkat lunak berkualitas tinggi yang membantu pelanggan mencapai tujuan mereka dan dengan harga bersaing mungkin merupakan langkah yang bagus untuk dasar-dasarnya. Kemajuan paling penting yang saya lihat adalah perpindahan ke model pengiriman perangkat lunak yang sangat kolaboratif, di mana para ahli dalam arsitektur, pengembangan, pengujian, desain, dan bisnis berinteraksi, menggunakan perangkat lunak modern untuk berkomunikasi secara efektif. Kolaborasi ini mencakup penyedia perangkat lunak, pelanggan, dan mitra bisnis. Dan di z/OS, sama seperti di tempat lain, ada tren yang berkembang dalam penggunaan perangkat lunak Open Source.

Untuk menyediakan lingkungan yang benar-benar kolaboratif, orang perlu memahami satu sama lain. Menghilangkan perbedaan sangat penting untuk meningkatkan pemahaman. Inilah sebabnya mengapa pindah ke SCM umum seperti git itu penting – lebih mudah untuk dibagikan. Itu sebabnya pindah ke antarmuka baris perintah yang konsisten seperti IBM Z Open Automation Utilities adalah penting – lebih mudah dipelajari dan lebih mudah diotomatisasi. Dengan IBM Z dan Cloud Modernization Stack, kami melanjutkan penghapusan perbedaan ini. Kami mengelola Red Hat OpenShift dan perangkat lunak z/OS dengan menggunakan Red Hat OpenShift Operators dan z/OS Package Manager daripada manajemen perangkat lunak khusus z/OS seperti SMP/E. Kami menyediakan lingkungan VSCode dan Eclipse Che untuk pengembang COBOL, PL/I, dan HL/ASM kami sehingga pengembangan konsisten dengan Python, Node.js, Go, Java, dan C/C++. Kami menyediakan lingkungan kotak pasir Wazi sehingga pengembang dapat memiliki sistem pengembangan yang terisolasi, seperti yang mereka lakukan di laptop pribadi mereka. Kami membantu Anda membuat API Open3 dengan perangkat lunak z/OS yang ada menggunakan z/OS Connect sehingga logika bisnis z/OS dapat digunakan dengan cara yang sama seperti semua API perusahaan Anda yang lain. Sebagian besar software ini sudah tersedia di pasaran. Namun, Anda perlu membeli perangkat lunak secara terpisah. IBM Z dan Cloud Modernization stack menghadirkan perangkat lunak ini dalam bundel yang mudah dipasang, memberikan awal yang baik untuk perjalanan modernisasi Anda.

Red Hat OpenShift dalam 1 menit

Ada banyak hal di Red Hat OpenShift. Saya ingin fokus pada seperti apa lingkungan itu bagi saya. Ada beberapa rasa dari Red Hat OpenShift:

Dengan lingkungan pengguna tunggal atau multi-pengguna, Administrator menyiapkan namespace, mengonfigurasi operator seperti z/OS Cloud Broker dan z/OS Connect untuk digunakan. Administrator kemudian mengonfigurasi sub-operator menggunakan z/OS Cloud Broker, menentukan target titik akhir z/OS yang akan digunakan oleh pengembang. Pengembang kemudian dapat membuat instance dari operator dan sub operator ini untuk menentukan OCP mereka dan titik akhir z/OS terkait yang akan mereka gunakan. Ruang nama khas mungkin terlihat seperti ini, dari tampilan Administrator:

Tampilan Administrator Z Stack

Administrator dapat menambah atau menghapus operator ini, mengonfigurasi titik akhir z/OS untuk operator yang menargetkan sistem z/OS asli, dan mengelola sumber daya yang terkait dengan operator ini. Pengembang disajikan dengan operator yang sama, tetapi tindakan yang tersedia di sebelah kiri berkurang secara drastis, biasanya tanpa akses ke sumber daya OpenShift yang mendasarinya:

Tampilan Pengembang Z Stack

Pengembang dapat membuat instance dari perangkat lunak yang ingin mereka gunakan, apakah itu Wazi Developer for Workspaces, z/OS Cloud Broker, Wazi Sandbox, atau Python pada titik akhir az/OS dengan cara yang sama. Versi baru perangkat lunak dapat diperbarui secara konsisten, terlepas dari apakah perangkat lunak tersebut berada di Red Hat OpenShift atau dikelola oleh z/OS Cloud Broker pada titik akhir az/OS. Pengembang dapat bereksperimen dan menginstal perangkat lunak z/OS seperti Go on a Wazi Sandbox, bertindak sebagai programmer sistem junior, mengikuti proses instalasi preskriptif, tanpa bantuan dari programmer sistem mereka.

Seorang programmer Sistem yang bertanggung jawab atas beberapa sistem z/OS, dan beberapa paket perangkat lunak pada sistem ini, dapat melihat manfaat besar melalui konsistensi dan otomatisasi dengan IBM Z dan Cloud Modernization Stack Systems.

Di blog saya berikutnya, saya akan melakukan instalasi perangkat lunak IBM Z dan Cloud Modernization Stack menggunakan OCP. Saya juga akan menunjukkan cara menginstal perangkat lunak pada beberapa titik akhir z/OS menggunakan Cloud Broker.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Author: Douglas Hernandez