IBM Z and Cloud Modernization Stack Uncovered – Making Developers Lives Better

IBM Z and Cloud Modernization Stack Uncovered – Making Developers Lives Better

IBM Z dan Cloud Modernization Stack

Dalam artikel terakhir saya, saya memperkenalkan IBM Z dan Cloud Modernization Stack. Pada artikel ini, saya akan menggali instalasi, konfigurasi, dan penggunaan perangkat lunak yang diinstal.

Menginstal Perangkat Lunak di z/OS dengan z/OS Cloud Broker

Untuk menginstal perangkat lunak dengan z/OS Cloud Broker pada titik akhir az/OS, Anda harus terlebih dahulu menginstal Manajer Paket z/OS, yang berjalan secara native pada titik akhir z/OS yang ditentukan. Pengembang yang mengikuti pemasangan preskriptif kemungkinan besar akan menggunakan default yang ditunjukkan di bawah ini, hanya menentukan Titik Akhir z/OS mereka (misalnya zvsi), lalu mengklik buat.

Manajer Paket Z Stack z/OS

Seorang programmer sistem mungkin perlu mengubah beberapa parameter. Secara khusus, lokasi yang ingin mereka tarik perangkat lunak IBM mungkin bukan icr.io, yang merupakan Repositori Kontainer IBM yang digunakan oleh Red Hat OpenShift secara default. Sebagai gantinya, mereka dapat memilih untuk menentukan repositori celah udara di dalam firewall perusahaan mereka yang memiliki perangkat lunak yang telah disetujui untuk digunakan oleh perusahaan mereka. Model celah udara ini umum di semua perangkat lunak Red Hat OpenShift, bukan hanya perangkat lunak z/OS.

Setelah manajer paket diinstal, semua perangkat lunak z/OS lainnya dapat diinstal, menggunakan z/OS Cloud Broker dan sub operator manajer paket. Jika kita menginstal C/C++ untuk Bahasa Perusahaan Terbuka pada paket perangkat lunak z/OS, kita akan membuat instance baru untuk Titik Akhir z/OS kita. Kami kemudian dapat mengulangi proses ini untuk setiap paket perangkat lunak pada setiap titik akhir z/OS.

Z Tumpukan C/C++

Perangkat lunak yang diinstal pada z/OS

Lokasi default perangkat lunak yang diinstal oleh z/OS Package Manager berada di bawah /usr/lpp/IBM/zpm di sistem file Layanan Sistem Unix dan di bawah kualifikasi tingkat tinggi ZPM untuk kumpulan data. Anda dapat menginstal beberapa versi perangkat lunak yang sama. Pada contoh di atas, kami menginstal compiler C/C++. Daftar isi dari sistem file dan dataset, kita melihat:

/usr/lpp/IBM/zpm/opencpp/terbaru
(tautan simbolis ke /usr/lpp/IBM/zpm/opencpp/1.0.0.0)

.env bin sampel uss.images .zpm install_test.sh setup_compiler.sh xmits

ZPM.**

ZPM.C24.RLCV241.C220308.BINDER.LOAD ZPM.C24.RLCV241.C220308.SCLCCMP

Anda sekarang dapat mengatur lingkungan z/OS Anda untuk menggunakan perangkat lunak yang Anda instal. Setiap paket perangkat lunak memiliki sampel .env yang dibuat di direktori penginstalan perangkat lunak. File .env ini dapat digabungkan dengan file .env lainnya untuk menggunakan kombinasi perangkat lunak IBM Z dan Cloud Modernization Stack. Berikut adalah file .env untuk C/C++:

/usr/lpp/IBM/zpm/opencpp/latest/.env

ekspor PATH=/usr/lpp/IBM/zpm/opencpp/1.0.0.0/bin:$PATH

Saya menginstal semua perangkat lunak pada titik akhir z/OS saya dan kemudian mengatur kode menjadi satu skrip shell agar lebih mudah dibaca.

Dengan blog intro, saya harus mengakhiri dengan program hello-world:

hw.c:

#include int main(int argc, char* argv[]) { printf(“Halo dari IBM Z dan Cloud Modernization Stack!n”); kembali 0; } . /usr/lpp/IBM/zpm/opencpp/latest/.env xlclang -ohw hw.c ./hw Halo dari IBM Z dan Cloud Modernization Stack!

Dalam artikel saya berikutnya, saya akan berbicara tentang beberapa perangkat lunak lain yang datang dengan IBM Cloud dan Modernization Stack yang berjalan di Red Hat OpenShift. Pantau terus.

Seperti ini:

Seperti Memuat…

Author: Douglas Hernandez